Nikmatnya Rujak Cingur

Nikmatnya Rujak Cingur

Nikmatnya Rujak Cingur – Jika anda jalan-jalan ke Surabaya. cobalah menjajal dashyatnya kenikmatan Rujak Cingur yang merupakan makanan khas asal Jawa Timur ini. Makanan yang terbuat dari beragam irisan campuran buah-buahan seperti nanas,mangga muda,bengkoang, belimbing, kedondong, mentimun juga sayuran seperti taoge, kangkung, kacang panjang dilengkapi dengan tahu goreng, tempe goreng, krupuk dan lontong. Hal yang menjadi ciri utama kuliner ini adalah Petis dan Cingur.

Petis adalah sajian pelengkap makanan yang terbuat dari produk sampingan hasil olahan udang atau pindang.Warnanya hitam serta sudah dicampur dengan hasil ulekan cabai, kacang tanah, bawang putih, terasi, garam, dan gula .Dari corak warnanya yang unik itu kerapkali membuat orang yang biasa makan rujak ”konvensional” akan bertanya-tanya dalam hati. Dengan warna gelap seperti itu rujak ini cenderung “kurang seksi” penampilannya pada kesan pertama melihatnya.

Sementara Cingur berasal dari moncong sapi. Ya, asal kata Cingur sendiri memang bermakna “mulut” dan komponen utama rujak ini memang adalah irisan moncong sapi yang direbus dan dicampurkan dalam sajian rujak. Daging kenyal–seperti kikil– yang disantap mungkin bisa membuat anda terbayang sedang “beradu mulut” dengan bibir sapi, bahkan melumatnya bersama gigi kita hingga tuntas. Tapi disinilah letak tantangan serta kenikmatannya sekaligus. Cingur yang dipakai lebih banyak berasal dari sapi jantan,karena hanya diperlukan waktu 2 jam untuk melembutkan dagingnya sedangkan cingur sapi betina bisa 5 jam. Rasa cingur sapi jantan juga terasa lebih gurih.

Sensasi rasa Rujak Cingur memang sangat menakjubkan. Campuran rasa pedas, manis, asam dan asin dalam hidangan ini membuat anda terbuai. Disertai kriuk-kriuk kerupuk, bumbu petis nan lezat, kenyal cingur serta paduan sayatan buah-buahan dan sayuran segar membuatrujak ini terasa sangat istimewa, Karena porsinya cukup besar, apalagi jika ditambah lontong atau mie goreng, rujak cingur sering disantap di saat cuaca panas di siang hari.

Mari mencoba kenikmatan Rujak Cingur, aneka resep nusantara kuliner tradisional asli Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *